Peta Pikiran

Peta Pikiran

Selasa, 10 November 2015

Manajemen Kinerja pada PT Rigspek Perkasa


Pada perusahaan jasa inspeksi seperti PT Rigspek Perkasa manajemen kinerja dapat dilihat dari 4 aspek berikut ini:

1.       Perencanaan Kinerja

Perencanaan kinerja oleh PT Rigspek Perkasa dimulai dengan perekrutan karyawan dengan standard tertentu yang kemudian dibekali dengan pelatihan yang kemprehensif. Diharapkan dengan pembekalan yang sesuai dengan spesialisasi perusahaan dapat memberikan service yang baik kepada client dalam pekerjaan pemeriksaan. Kemudian penetapan prosedur-prosedur pemeriksaan yang digunakan sebagai panduan pemeriksaan sehingga kualitas yang disepakati tercapai. Pekerjaan inspeksi juga di design per tim dimana satu tim terdiri dari 1 orang inspektur dan 1 orang asisten yang masing-masing memiliki peran tersendiri di lapangan.

 

2.       Pengelolaan Kinerja

Setelah adanya penetapan perencanaan dan design pekerjaan, perlu adanya pengelolaan kinerja yakni dengan cara melakukan kontrol terhadap kinerja di lapangan. PT Rigspek Perkasa memberikan CSS (Customer’s Satifaction Survey) yang berupa form penilaian langsung di isi oleh pihak Client untuk memberikan penilaian terhadap kinerja dilapangan. Selain itu adanya Toolbox Meeting setiap pagi untuk mengkomunikasikan masalah keselamatan kerja, progress pekerjaan, dan hal-hal seputar design pekerjaan.

 

3.       Penilaian Kinerja

Dengan adanya CSS seperti yang disebutkan diatas, manajemen dapat melihat hasil kinerja pegawai di lapangan, dan seterusnya dievaluasi guna memberikan apresiasi dan penilaian. Manajemen dapat melakukan kontrol pekerjaan dilapangan, dan menilai kepuasan Client terhadap kinerja para inspektur dilapangan. Dan juga sebagai sumber informasi untuk melakukan analisa yang bertujuan untuk mengambil tindakan perbaikan dan impruvisasi.

 

4.       Penghargaan Kinerja

Dalam mengapresiasi hasil kinerja para inspektur, manajemen memberikan bonus tambahan untuk setiap projek yang dikerjaan. Selain itu, manajemen juga mengapresiasi dengan cara memberikan fasilitas mendapatkan trainging sertifikasi dari lembaga training dari luar sehingga para pekerja dapat penambahan ilmu dan skill yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Manajemen Kinerja pada PT Rigspek Perkasa melihat dari kedua sisi yaitu sisi pegawai dan manajemen, sehingga terjadi hubungan timbal balik yang selalu berusaha agar keduanya sama-sama mencapai tujuan yang diharapakan.

 

Daftar Pustaka:




 

2 komentar: